Jenis Model Sepatu Pria


Pria terkadang lupa merawat sepatu yang mereka miliki. Karena sepatu terlalu sering digunakan dalam berbagai aktifitas, maka hal inilah yang mengakibatkan sepatu tersebut cepat rusak dan juga kotor. Maka dari itu, sangat disarankan bagi pria tidak hanya memiliki sepatu yang itu-itu saja. Sebab sepatu yang Anda punyai saat ini belum tentu cocok disesuaikan dengan pakaian atau acara yang ingin dihadiri.

Ada banyak merek ternama yang menawarkan sepatu pria dengan berbagai jenisnya. Ada baiknya Anda mengetahui beberapa sepatu yang wajib Anda miliki agar bisa mendukung penampilan. Secara garis besar, jenis sepatu pria dibagi 3. Inilah jenis model sepatu pria dan kegunaannya,

Sepatu Formal
Jenis sepatu ini biasanya dipakai pada acara formal seperti wisuda, pernikahan atau untuk pergi ke kantor. Berbagai model sepatu formal yang biasanya berwarna hitam pantofel, kini juga tersedia warna lain yaitu coklat, abu-abu, atau putih. Jenis sepatu formal lainnya yang bisa Anda lihat adalah sepatu oxford. Sepatu jenis ini disebut closed-lacing, artinya lidah sepatu bagian atas seluruhnya ditutupi oleh lapisan luar tutup sepatu.

Sepatu Santai/Kasual
Sepatu bot, sepatu, sepatu kets, brogue browns adalah jenis sepatu yang bisa digunakan dalam acara semi formal. Sepatu bot berprofil tinggi menutupi pergelangan kaki. Pilihlah boot yang memiliki tali, untuk gaya yang lebih modern. Sepatu brogue cokelat memiliki aksen lubang kecil di bagian atas. Pilihlah warna kulit dan coklat yang bisa dipadu dengan aneka pakaian.

Sepatu boat atau sepatu loafer yang bagus ialah berbahan kulit dan sol terbuat dari karet. Sepatu ini didesain tanpa tali dan sangat mudah dipakai. Sepatu sneakers umumnya menggunakan bahan kanvas atau kulit dengan sol dari karet. Sepatu ini dapat dijadikan sepatu andalan kalau Anda ingin lebih bergaya sporty.

Sepatu Olahraga
Sebagai pria, apapun olahraga yang Anda pilih, kenakan sepatu olah raga sesuai jenis sportnya. Sayangnya banyak yang memakai sepatu kets untuk sepatu olahraga. Gunakan sepatu lari khusus, basket, futsal, bahkan fitness. Selama berolahraga, kaki Anda harus didukung dengan bantalan yang nyaman dan kuat untuk menghindari cedera. Untuk itu, selalu gunakan sepatu olahraga.

Untuk lebih jelasnya, inilah penjelasan masing-masing jenis model sepatu beserta gambarnya.

Monk Strap
Model sepatu pria yang satu ini biasanya cocok banget buat yang bergaya indie British. Meski kamu cuma pakai kemeja flanel, tapi kalau dipadukan dengan Monk Strap ini dijamin kamu jadi makin kece. Sepatu pria model satu ini emang banyak ragamnya, mulai dari single dan juga double. Khusus untuk model saat ini, sudah ada triple higher. Kalau biasanya sepatu pria diikat dengan tali, kalau yang ini kamu tinggal klip aja pakai pengait di sisi samping. Lebih bergaya.




Sepatu Moccasin
Moccasin adalah jenis sepatu tanpa hak berbahan kulit bertekstur lembut. Sol sepatunya fleksibel. Bagian atas sepatu biasanya dihiasi dengan berbagai detail. Meski sederhana, moccasin nyaman di kaki, karena menggunakan bahan menyerap keringat di kaki, juga tidak akan menimbulkan suara saat berjalan.

Sepatu Loafer
Bukan hanya cewek yang bisa menggunakan Loafer karena ini juga jadi salah satu koleksi sepatu pria biasa termasuk "must have item" karena bisa untuk berbagai kesempatan dan juga mudah digunakan.

Sepatu jenis ini terinspirasi dari moccasin yang dengan cara pakai yang diselipkan. Pada era dulu, sepatu loafer diklasifikasikan pada sepatu kasual, sampai-sampai para pengusaha dan pengacara USA selalu memakainya untuk keperluan formal di era '60-an.




The Derby Shoes
Jika Anda menginginkan gaya kasual, jangan hanya menambahkan koleksi sepatu dengan sepatu kets karena Sepatu Derby atau Blucher juga benar-benar digunakan untuk kampus, kantor atau untuk ngedate. Cocok dipakai saat Anda tampil resmi dengan setelan bisnis Anda, atau bila ingin tampil cerdas dengan gaya kasual bisa disepadankan dengan jins. Pada dasarnya bentuknya sederhana, hanya terbuat dari suede dengan model tali untuk pengait dengan sol tipis. Yang menjadi pembeda dari sepatu ini ialah adanya sepasang lidah di bagian atas yang berguna untuk mengikat tali sepatu.




Sepatu Oxford
Model sepatu pria yang satu ini benar-benar pamor karena dari dulu sampai sekarang masih bisa beredar dan memberi kesan modern yang sophisticated. Bagi Anda yang ingin tampil santai atau formal, sepatu pria yang satu ini benar-benar bisa menjadi andalan sehari-hari.

Oxfords atau Balmoral adalah sepatu paling resmi yang digunakan untuk acara-acara resmi seperti bekerja dan menghadiri pesta. Jenis sepatu ini biasanya terbuat dari kulit mengkilap dengan tali sepatu. Sepatu jenis oxford memiliki konstruksi closed lacing pada facing sepatu, begitu formal dan kurang fleksibel. Umumnya, Oxford didesain runcing di bagian depan dengan sedikit tambahan aksen berongga di bagian atas. Desain tali yang dibuat ke dalam sepatu bisa memberi Anda tampilan klasik dan formal.

Meski terlihat sama dengan sepatu Derby, namun bedanya adalah bagian lubang tali dan eyelets. Lubang tali di oxford tidak lepas dari vamp, kedua bagian itu satu kesatuan. Sementara pada derby, eyelets dan vamps terpisahkan. Kemudian lubang di oxford biasanya hanya terdiri dari lubang saja, sedangkan derby memiliki pelat di lubang.




Sepatu Brogue
Sepatu Brogue memang terlihat seperti sepatu Oxford. Tapi bedanya, Brogue Shoes ini memiliki lubang-lubang ciri khas vintage yang lebih banyak dan lebih dekoratif. Buat kamu yang memang bergaya stylish, Brogue Shoes lebih cocok untukmu.

Istilah “brouge” ini asalnya dari Bahasa Inggris, namun hasil adopsi dari Bahasa Irlandia Kuno yakni kata “brog” yang punya makna penutup kaki. Ciri khas dan keunikan sepatu ini adalah desain lubang di bagian atas, yang disebut brogueing. Sepatu model ini sangat cocok dengan pakaian kasual berwarna, cocok dipakai pada acara yang kurang formal.



Apron Toe
Sepatu ini bisa dianggap sebagai salah satu varian sepatu Oxford. Ciri dari Apron Toe adalah pola jahitannya. Stitch model Apron Toe dimulai dari tengah ujung sepatu, lalu disekitar ujung sepatu.



Boots Shoes
Di zaman kuno, sepatu biasa digunakan untuk perang terutama untuk atribut militer. Seiring perkembangan zaman, sepatu bot mulai digunakan untuk acara santai. Tampilannya yang kokoh membuat pria terlihat lebih tampan saat mengenakan sepatu jenis ini. Ada beberapa jenis sepatu bot yang bisa dijadikan pilihan alternatif, yaitu:

Wingtip Boot
Wingtip boots adalah model yang sedikit sama dengan Sepatu Brogue dengan bagian di pergelangan kaki tinggi, yang berbeda hanya bagian bawah yang lebih luas di bawahnya.



The Chelsea Boots
Kalau kamu biasanya lebih suka pakai sepatu boots ala Dr. Martens, coba deh sekarang mulai tambahin koleksi sepatu priamu dengan Chelsea Boots ini. Biasanya Memang digunakan untuk winter dengan bahan suede, tapi bisa kamu gunakan juga di saat musim dingin ala di Indonesia yaitu musim hujan. Modelnya simple dengan aksen karet di sisi kiri dan kananya untuk memudahkan memasukkan kaki ke dalam sepatu.

Dress Boot
Mempunyai bentuk dasar seperti sepatu oxford atau sepatu derby dengan shaft yang lebih menjulur. Perpanjangan itu dilanjutkan juga ke panjang tali yang menjalar dari facing ke bagian lidah sepatu. Sepatu ini juga identik dengan solnya yang tebal dan bergerigi. Biasanya, sepatu ini terbuat dari bahan kulit atau kulit sintetis dengan satu warna serta dengan lilitan tali sepatu yang tinggi. Cukup cocok untuk dipakai pada terrain yang kasar dan keras.


Cap Toe Boots
Cap Toe merupakan salah satu sepatu pria yang berjenis dress boots alias boots dengan shaft yang lebih panjang atau tinggi. Biasanya jenis sepatu pria yang satu ini digunakan untuk acara-acara formal. Tampil stylish tapi tetap manly.



Chukka boots
Bedanya dengan Derby Shoes, Chukka Shoes ini memiliki high ankle dan umumnya hanya dihiasi dengan 2-3 lubang untuk tali sepatunya. Bentuk Chukka boot ini amat minimalis dan simpel, sungguh pas untuk event santai. Bagusnya sepatu tipe ini dipadukan dengan skinny jeans.




Slip on
Nah, buat kamu yang sehari-harinya bergaya kasual, model sepatu pria casual yang bernama slip on ini bisa jadi pilihan sehari-hari. Ada banyak brand yang menawarkan sepatu pria yang satu ini. Mulai dari yang berdesain simple banget sampai yang high fashion, bisa disesuaikan dengan gaya dan kepribadianmu.



Boat Shoes
Sesuai namanya, sepatu ini mulanya diciptakan bagi pria yang senang berekreasi dengan kapal layar. Yang membuat boat shoes berbeda dari sepatu lainnya adalah tali temali yang menghiasi sepatu tersebut. Dewasa ini, boat shoes tidak hanya dipakai saat berlayar saja. Sepatu boat bisa dianggap pilihan yang cocok di saat lagi santai karena memang nyaman digunakan. Model sepatu pria casual, yang satu ini emang tetap menjadi banyak favorit anak muda yang tetap ingin tampil classy. Sepatu berbahan kanvas atau kulit ini sangat cocok disandingkan dengan celana pendek dan t-shirt misalnya mengkombinasikan Boat Shoes ini dengan folded chino pants.
Espadrilles shoes
Model sepatu ini cukup menarik karena bentuknya persis dengan sepatu wanita, namun tidak disangka banyak pria yang memakainya. Berbahan canvas atau cotton fabric membuat pemakainya merasa nyaman.



Slipper shoes
Sepatu Slipper mendapatkan kepopuleranran di awal era 1960-an, ketika itu seorang musisi terkenal yaitu Miles Kane dan juga Pangeran Charles memakai sepatu model ini. Desain tanpa talinya membuat sepatu ini terlihat elegan. Sama dengan model Brouge, sepatu ini sangat cocok digunakan dengan gaya smart-casual.


Sneakers shoes
Sneakers umumnya terbuat dari kanvas dan bertali. Model sepatu ini memperlihatkan gaya sportydan aktif. Umumnya sepatu model ini dipakai untuk acara nyantai.

Opera Pump
Model sepatu formal pria yang satu ini memang tidak banyak diketahui oleh pria. Pada dasarnya, opera pump memiliki bentuk yang mirip dengan sepatu pump wanita, namun memiliki bentuk yang lebih maskoolin. Anda dapat memakai sepatu ini dengan pakaian modern untuk mendapatkan penampilan yang agak berbeda.


Artikel lainnya :
- jenis sepatu pria dan kegunaannya
- mengenal jenis sepatu
- jenis jenis sepatu casual pria
- jenis jenis sepatu sneakers
- model sepatu pria yang lagi trend
- sepatu keren jaman sekarang

Sumber :
https://www.mapemall.com/blog/jenis-jenis-sepatu-pria.html/
https://www.shopback.co.id/blog/cowok-keren-wajib-kenal-11-model-sepatu-pria-ini
https://www.hadiah.me/blog/kenali-macam-macam-sepatu-pria/
http://www.harpersbazaar.co.id/articles/read/12/2016/3209/7-Jenis-Sepatu-Pria-Yang-Wajib-Diketahui
https://www.blibli.com/friends/blog/7-jenis-sepatu-pria-trendy-untuk-kamu-yang-ingin-tampil-formal/
https://jurnal.maskoolin.com/jurnal/fashion/footwears/mengenal-8-jenis-sepatu-formal-pria/


Tag : jenis sepatu, model sepatu
Back To Top